Syarat dan Ketentuan                                
DANCOW FortiGro Festival Menggambar Nasional (“Program”)

DANCOW FortiGro Festival Menggambar Nasional 2023 merupakan kegiatan menggambar tingkat nasional untuk pelajar Sekolah Dasar dan setara.

Program ini diselenggarakan oleh PT Nestlé Indonesia, berkantor di Arkadia Green Park Tower G 11th Floor, Jl. TB. Simatupang Kav. 88, Jakarta Selatan 12520 (untuk selanjutnya secara disebut sebagai “Nestlé”) yang bekerja sama dengan PT Hellomotion Korpora Indonesia berkantor di Jl. Tebet Barat 9 No.3 Jaksel 12810 (untuk selanjutnya secara disebut sebagai “HelloMotion Academy”, dan bersama-sama dengan Nestlé disebut sebagai “Penyelenggara”). Program ini didukung oleh Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Seluruh peserta yang terlibat dan berpartisipasi aktif dalam Program ini (“Peserta”), dengan ini dianggap telah membaca dan memahami dengan baik, serta setuju tanpa syarat untuk patuh dan taat pada syarat dan ketentuan Program sebagaimana tercantum di bawah ini termasuk seluruh perubahannya jika ada (“Ketentuan”). Keputusan Penyelenggara mengenai semua hal – hal yang terkait dengan Program ini bersifat final.

A. SYARAT AWAL KEPESERTAAN
  1. Warga Negara Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia.
  2. Peserta adalah individu.
  3. Peserta adalah murid Sekolah Dasar kelas 1-6 atau setara pada saat Periode Pendaftaran 11 Juli – 30 September 2023.
  4. Peserta wajib didampingi oleh orang tua atau wali yang berusia di atas 18 (delapan belas) tahun pada saat Periode Pendaftaran (“Pendamping”).
  5. Pendamping Peserta wajib membuat akun DANCOW sebagai salah satu syarat pendaftaran. Peserta yang belum memiliki akun keanggotaan DANCOW dapat mendaftar terlebih dahulu pada website  https://www.akudankau.co.id/register/step-1 atau klik “Daftar Sekarang” pada laman www.akudankau.co.id/lombamenggambar.
  6. Peserta dan/atau Pendamping merupakan konsumen akhir dan/atau bukan merupakan pelaku dagang serta bukan pemburu hadiah.
B. PERIODE PROGRAM

Pendaftaran Program dan Periode Unggah Karya berlaku selama 11 Juli 2023 – 30 September 2023 (“Periode Pendaftaran”), sedangkan untuk Acara Penutupan dan Penghargaan akan dilaksanakan secara luring pada 15 Oktober 2023 (atau pada tanggal lain yang ditentukan oleh Penyelenggara. Tanggal bisa berubah sewaktu-waktu).

C. MEKANISME PROGRAM
  1. Program ini hanya berlaku untuk pembelian produk DANCOW Cokelat 390g/780g kemasan khusus “Lomba Menggambar Nasional” (“Produk”) yang dapat dibeli di outlet offline (toko) seluruh Indonesia dan di e-commerce. Untuk memastikan keaslian produk, konsumen disarankan untuk membeli produk di DANCOW Official Store dan/atau Nestlé Indonesia Official Store. 
  2. Untuk mengikuti Program, Pendamping harus memiliki akun keanggotaan DANCOW. Pendamping yang belum memiliki akun keanggotaan DANCOW wajib membuat akun terlebih dahulu.
  3. Pendaftaran kegiatan Festival Menggambar Nasional dilakukan secara online, dengan memasukkan kode unik yang tercantum pada Produk. 1 (satu) kode unik berlaku untuk mengunggah 1 (satu) karya. Tidak ada batasan maksimal jumlah unggahan karya oleh satu orang Peserta selama memenuhi Ketentuan ini.
  4. Pendamping yang sudah memiliki akun keanggotaan DANCOW dapat mengikuti Program dengan mekanisme sebagai berikut:
    1. Pendamping melakukan pembelian Produk selama Periode Program.
    2. Pendamping memasukkan kode unik yang tercantum di balik kemasan Produk ke website www.akudankau.co.id/lombamenggambar untuk mengunggah karya Peserta.
    3. Satu kode akan mendapatkan kesempatan mengunggah satu karya Peserta. Apabila Peserta ingin mengunggah lebih dari satu karya, maka Pendamping dapat melakukan pembelian Produk kembali sesuai dengan poin no 3 di atas. 
    4. Karya yang diunggah boleh berupa hasil scan atau foto yang diambil menggunakan kamera atau handphone. Pastikan foto berwarna (bukan hitam-putih) dan terlihat jelas. File yang diunggah dapat berupa JPEG dan PNG (PDF tidak diperkenankan), dengan ukuran minimal 1 MB dan maksimal 3 MB. Pastikan karya yang diunggah jelas (tidak blur, gelap, maupun kotor), format lanskap (bukan potrait), tidak terlipat, dan tidak terpotong. Adapun, file yang diunggah berupa JPEG dan PNG (PDF tidak diperkenankan), dengan ukuran minimal 1 MB dan maksimal 3 MB.
  5. Peserta menggambar pada kertas (lanskap atau mendatar; disarankan menggunakan kertas gambar) dengan pensil warna dan/atau krayon. Penyelenggara tidak menyediakan alat gambar dan kertas khusus sehingga Peserta dapat menggunakan milik pribadi. Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat gambar lain di luar yang telah ditetapkan Penyelenggara.
  6. Kegiatan terbagi menjadi tiga (3) kategori:
    1. Kategori A: Pelajar kelas 1-2 Sekolah Dasar atau setara. 
    2. Kategori B: Pelajar kelas 3-4 Sekolah Dasar atau setara.
    3. Kategori C: Pelajar kelas 5-6 Sekolah Dasar atau setara.
  7. Ketiga kategori memiliki 1 (satu) tema yang sama, yakni “Aku Dan Kau Generasi Sehat, Kuat & Cerdas Berkarakter” di bawah payung Kampanye Sekolah Sehat oleh Kemendikbudristek yang bertujuan untuk mengajak anak usia sekolah agar hidup sehat sehingga tercipta generasi Anak Indonesia yang kuat & cerdas berkarakter. Adapun, terdapat tiga (3) sub-tema yang dapat dipilih Peserta, antara lain:
    1. Aku Dan Kau Suka Makanan Bergizi (Sehat Bergizi), yang merujuk pada penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi sebagaimana tercermin pada konsep Isi Piringku.

      Contoh Karya Sub-Tema “Sehat Bergizi”

      1

    2. Aku Dan Kau Suka Bergerak (Sehat Fisik), yang merujuk pada usaha untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik di sekolah maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal melalui berbagai permainan & olahraga yang dapat menunjang pola hidup sehat.

      Contoh Karya Sub-Tema “Sehat Fisik”

      2 

    3. Aku Dan Kau Tumbuh Sehat & Kuat (Sehat Imunisasi), yang merujuk pada pentingnya untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap agar tercipta daya tahan tubuh kuat dan terbebas dari ancaman penyakit di masa mendatang.

      Contoh Karya Sub-Tema “Sehat Imunisasi”

      3

      *Informasi selengkapnya dapat mengacu pada https://ditpsd.kemdikbud.go.id/sekolahsehat/ 

  8. Hasil gambar yang dikirimkan adalah karya orisinal, belum pernah diikutsertakan dalam kegiatan gambar serupa dan/atau belum pernah memenangkan penghargaan tingkat regional atau nasional.
  9. Karya yang dikirim merupakan hasil buatan Peserta sendiri tanpa mendapatkan bantuan atau disempurnakan oleh pihak lain (Pendamping, guru, atau pihak lainnya).
  10. Peserta wajib menyimpan karya dalam bentuk fisik hingga akhir Periode Festival. Apabila Peserta terpilih menjadi salah satu Peserta dengan Karya Terbaik dari kategori yang diikuti, maka Peserta wajib mengirimkan bentuk fisik dari karya tersebut ke Jakarta sebagai salah satu syarat lolos tahapan seleksi, dengan cara pengiriman yang ditentukan oleh Penyelenggara. Biaya pengiriman ditanggung oleh Peserta. 
  11. Semua Peserta yang mengunggah karya ke www.akudankau.co.id/lombamenggambar akan mendapatkan sertifikat elektronik yang bisa diunduh langsung.
  12. Penyelenggara akan memilih 10 (sepuluh) Karya Terbaik dari masing-masing kategori sehingga akan terpilih total 30 (tiga puluh) Peserta dengan Karya Terbaik. Penentuan Karya Terbaik akan dilakukan melalui sistem penilaian yang dilakukan oleh Tim Penyelenggara dan akan diumumkan secara langsung pada Acara Penutupan & Penghargaan yang diselenggarakan di Jakarta. 
  13. Pengumuman 10 (sepuluh) Peserta dengan Karya Terbaik dari masing-masing kategori dan 3 (tiga) Peserta dengan Karya Terbaik akan ditampilkan pada website www.akudankau.co.id/lombamenggambar pada akhir periode.
  14. Selama dan setelah Periode Program, kode unik dari kemasan Produk Festival Menggambar DANCOW FortiGro tidak dapat diikutsertakan dalam loyalty program DANCOW Parenting Reward.
D. HADIAH PROGRAM
  1. 3 (tiga) Peserta dengan Karya Terbaik dari masing-masing kategori yang terpilih berdasarkan Ketentuan ini (“Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih”) akan mendapatkan hadiah tabungan pendidikan sebagai berikut (“Hadiah Utama”) masing-masing Rp5.000.000,-. Selain itu, 1 (satu) Peserta yang terpilih sebagai Karya Pilihan Publik juga akan mendapatkan tabungan pendidikan sebesar Rp5.000.000,-.
  2. Pajak Hadiah sebesar 6% ditanggung oleh Nestlé.
  3. Di luar Hadiah Utama, 10 (sepuluh) Peserta dengan Karya Terbaik dari 3 (tiga) kategori ini akan mendapatkan hadiah langsung berupa kelas animasi daring khusus dari HelloMotion Academy dan kesempatan untuk hadir di Jakarta untuk memajangkan karyanya di Acara Penutupan & Penghargaan (“Hadiah Langsung”).
E. MEKANISME PENJURIAN
  1. Karya yang dikirimkan akan diseleksi oleh juri yang merupakan perwakilan dari Nestlé; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; serta HelloMotion Academy yang memiliki kredibilitas dalam bidang seni gambar anak-anak.
  2. Peserta dengan Karya Terbaik akan dipilih berdasarkan:
  • Kategori A
    • Kesesuaian tema = 25%
    • Komposisi warna = 25%
    • Kerapihan & kebersihan = 25%
    • Bentuk & gambar = 25%
  • Kategori B:
    • Kesesuaian tema = 20%
    • Komposisi warna = 20%
    • Keunikan = 20%
    • Kerapihan & kebersihan = 20%
    • Bentuk dan gambar = 20%
  • Kategori C:
    • Kesesuaian tema = 20%
    • Komposisi warna = 20%
    • Keunikan = 20%
    • Kerapihan & kebersihan = 20%
    • Bentuk dan gambar = 20% 
    • Sebagai contoh misalnya nilai pada kategori A mendapatkan:
      • Kesesuaian tema: 80x25% = 20
      • Komposisi warna: 75x25% = 18.75
      • Kerapihan & kebersihan: 90x25% = 22.5
      • Bentuk & gambar: 75x25% = 18.75
    • Nilai akhir: 80
  • Peserta dengan Karya Pilihan Publik:
    • Menggunakan sistem voting di website www.akudankau.co.id/lombamenggambar
    • Satu orang hanya dapat memilih satu karya terbaik.
    • Berlaku hanya untuk 10 (sepuluh) Karya Terbaik dari masing-masing Kategori A, B, dan C yang sudah dipilih oleh HelloMotion Academy sebelumnya.
  1. Penjurian akan dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
  • Seleksi tahap I (10 Karya Terbaik) Seluruh karya yang diterima akan dikurasi menjadi 10 (sepuluh) karya terbaik dari Kategori A, 10 (sepuluh) karya terbaik dari Kategori B, dan 10 (sepuluh) karya terbaik dari Kategori C. Tahapan kurasi ini akan dilakukan oleh pihak HelloMotion Academy. Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih akan mendapatkan kelas gambar daring khusus dari HelloMotion Academy dan karya akan dipajang di Acara Penutupan & Penghargaan.
  • Seleksi tahap II (3 Karya Terbaik): Selanjutnya, Juri akan memilih 3 (tiga) Karya Terbaik dari masing-masing kategori yang akan mendapatkan hadiah utama. Tahapan ini akan dilakukan oleh perwakilan dari Nestlé, HelloMotion Academy, dan Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) Republik Indonesia.
  • Pemilihan Karya Pilihan Publik: Akan dilakukan melalui sistem voting di website www.akudankau.co.id/lombamenggambar pada tanggal 9-14 Oktober 2023 (atau pada tanggal lain yang ditentukan oleh Penyelenggara; tanggal bisa berubah sewaktu-waktu). Pengumuman Karya Pilihan Publik akan dilakukan bersamaan dengan Pengumuman 3 (tiga) Karya Terbaik pada saat Acara Penutupan & Penghargaan.
  1. Penjurian dilakukan secara tertutup. Keputusan Juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak ada korespondensi yang akan dilayani sehubungan dengan Program ini.
F. KETENTUAN PEMILIHAN KARYA TERBAIK

Peserta dengan karya terbaik yang terpilih wajib tunduk pada ketentuan sebagai berikut:

  1. Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih adalah Peserta yang belum pernah mendapatkan hadiah utama dalam kompetisi dan/atau program apapun yang diadakan oleh Penyelenggara dalam kurun waktu 12 (dua belas) bulan sebelum batas akhir Periode Program.
  2. Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih akan diumumkan secara langsung pada tanggal 15 Oktober 2023 atau tanggal lain yang akan ditetapkan oleh Penyelenggara (“Pengumuman”).
  3. Calon Peserta dengan Karya Terbaik yang merupakan 10 (sepuluh) Peserta dengan Karya Terbaik dari masing-masing kategori akan dihubungi langsung oleh pihak Penyelenggara atau pihak ketiga lain yang ditunjuk oleh Penyelenggara melalui nomor telepon yang sudah didaftarkan dalam akun pendaftaran atau akun DANCOW. 
  4. Sebagai bentuk validasi, Calon Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih juga harus mengirimkan kepada Penyelenggara copy data diri berupa Kartu Keluarga, KTP Orang Tua atau Wali Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih, serta dokumen lain yang diperlukan oleh Penyelenggara untuk melakukan verifikasi, melalui e-mail yang akan diinformasikan oleh Penyelenggara.
  5. Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih tidak dapat diwakilkan (diperbolehkan apabila ada kasus tertentu dengan didukung dokumen legalitas) untuk mengambil Hadiah Utama. Dalam kasus tertentu tersebut, Penyelenggara memiliki hak penuh untuk menentukan apakah pengambilan Hadiah Utama dapat diwakilkan.
  6. Calon Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih akan melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh Penyelenggara. Apabila Calon Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih tidak memenuhi Ketentuan, maka Penyelenggara berhak mendiskualifikasinya, serta menggantinya dengan Calon Peserta lain yang memenuhi Ketentuan.
  7. Penyerahan Hadiah Utama oleh Penyelenggara ke Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih akan dilakukan melalui transfer bank. Sebagai bentuk validasi, Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih mengisi dan menandatangani Surat Keterangan yang akan dipersiapkan dan diberikan oleh Penyelenggara, yang menyatakan nama Peserta, rekening Pendamping, serta tanda tangan di atas materai basah, dan diserahkan ke Penyelenggara pada saat Acara Penutupan dan Penghargaan atau selambat-lambatnya 3 hari setelah Acara Penutupan dan Penghargaan diselenggarakan. Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih akan menerima Hadiah Utama paling lambat 1 (satu) bulan usai Acara Penutupan dan Penghargaan atau sesuai periode yang diinformasikan Penyelenggara.
  8. Informasi terkait Hadiah Langsung berupa Kelas Animasi Daring dari HelloMotion akan dikirimkan oleh Penyelenggara ke alamat e-mail yang didaftarkan Peserta dengan Karya Terbaik ke website www.akudankau.co.id/lombamenggambar untuk mengikuti Program. 
G. DATA PRIBADI
  1. Dengan berpartisipasi dalam Program ini, setiap Peserta dianggap sudah membaca kebijakan Penyelenggara sehubungan dengan Data Pribadi sebagaimana tersedia dalam laman https://www.akudankau.co.id/dpc/privacy dan dengan demikian Peserta dianggap memberikan persetujuan dan kewenangan kepada Penyelenggara untuk mengungkapkan data pribadi Peserta kepada Penyelenggara dan/atau afiliasi Penyelenggara dan/atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Penyelenggara sehubungan dengan pelaksanaan Program. Jika diperlukan, Penyelenggara berhak mempublikasikan nama, foto, atau testimonial yang diberikan oleh Peserta dan/atau Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih untuk keperluan komunikasi atau iklan berkenaan dengan Program ini dalam bentuk media cetak, elektronik, maupun digital tanpa memberi kontribusi keuangan apapun kepada Peserta maupun Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih. Lebih lanjut, dengan mengikuti Program ini, maka setiap Peserta dianggap telah bersedia dan memberikan izin untuk dihubungi oleh Penyelenggara atau pihak ketiga yang ditunjuk oleh Penyelenggara melalui direct message, e-mail, telepon, atau sms.
  2. Dengan berpartisipasi dalam Program ini, Peserta dianggap telah memberikan persetujuan kepada Penyelenggara dalam kurun waktu yang diizinkan oleh peraturan perundang-undangan, untuk menyimpan dan menggunakan informasi pribadi konsumen untuk keperluan verifikasi dalam rangka tujuan pengiriman hadiah serta ketaatan atas kebijakan internal Penyelenggara dan/atau menghubungi mereka.
H. LAIN-LAIN
  1. Setiap materi yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam Program harus merupakan kreasi asli dan milik pribadi Peserta, tidak mengandung unsur kekerasan, pelecehan, pornografi, tidak menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan) dan tidak melanggar hak milik intelektual pihak lain manapun.
  2. Setiap Peserta dan Pendampingnya dengan ini memberikan persetujuan kepada Penyelenggara untuk menggunakan materi yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam Program pada media apapun, termasuk dalam media sosial Penyelenggara, sesuai dengan kepentingan Penyelenggara untuk kurun waktu yang tidak terbatas, tanpa diperlukan persetujuan terpisah dari setiap Peserta dan Peserta dengan Karya Terbaik dan tanpa pemberian kompensasi apapun kepada Peserta dan/atau Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih.
  3. Penyelenggara berhak dan memiliki kewenangan mutlak untuk mendiskualifikasi Peserta maupun Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih yang tidak memenuhi dan/atau melanggar dan/atau dicurigai melakukan kecurangan terhadap Ketentuan ini berdasarkan verifikasi yang dilakukan oleh Penyelenggara, termasuk namun tidak terbatas pada pengecekan ke tempat pembelian.
  4. Produsen dan/atau penerbit dari Hadiah Utama maupun Hadiah Langsung tidak terkait dengan dan/atau bukan merupakan sponsor dari Program ini.
  5. Program ini tidak berlaku untuk karyawan Penyelenggara dan afiliasinya, beserta seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Program ini.
  6. Penyelenggara memiliki hak untuk mengubah Ketentuan, jika dianggap perlu, tanpa perlu ada pemberitahuan terlebih dahulu.
  7. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kehilangan, perpindahtanganan, kerusakan, atau perubahan kondisi fisik karya Peserta sebelum sampai kepada/diterima oleh Penyelenggara, kode unik dan/atau struk pembelanjaan milik Peserta.
  8. Baik Penyelenggara, agennya, atau siapapun yang terkait secara profesional dengan Penyelenggara untuk melaksanakan Program, tidak bertanggung jawab atas:
    1. Setiap kerusakan, kegagalan atau kesalahan pada transmisi data elektronik;
    2. Kegagalan jalur komunikasi, apapun penyebabnya, sehubungan dengan setiap peralatan, sistem, jaringan, jalur, satelit, server, komputer, atau provider  yang digunakan dalam setiap aspek dari Program ini.
  9. Penyelenggara berhak membatalkan, menunda dan melakukan perubahan apapun atas Program ini dalam hal terjadinya keadaan di luar kendali Penyelenggara/force majeur.
  10. Seluruh biaya tambahan yang terkait dengan penerimaan atau penggunaan Hadiah, baik secara langsung maupun tidak langsung, merupakan tanggung jawab Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih.
  11. Penyelenggara tidak bertanggung jawab dalam hal tidak diterimanya Hadiah oleh Peserta dengan Karya Terbaik yang terpilih dengan alasan kesalahan pencantuman alamat atau nomor telepon. Pastikan seluruh informasi yang diberikan benar sesuai data diri.
  12. Siapapun tidak diperkenankan mengambil materi/isi website Penyelenggara dan mempublikasikannya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari Penyelenggara.
  13. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan akibat kejadian luar biasa yang tidak terduga dan/atau kejadian di luar kuasa Penyelenggara.
  14. Jika ada salah satu pernyataan dan/atau pelaksanaan dari Ketentuan ditemukan batal, melanggar hukum atau tidak dapat dilaksanakan, maka poin tersebut tidak mempengaruhi Ketentuan lain untuk tetap berlaku.
  15. Program ini tidak dipungut biaya apapun. Hati-hati penipuan.
  16. Jika karena alasan apapun pemberian Hadiah Utama dan/atau Hadiah Langsung tidak dapat berjalan sesuai rencana, Penyelenggara berhak untuk memodifikasi ketentuan pemberian Utama dan/atau Hadiah Langsung yang senilai dengan Utama dan/atau Hadiah Langsung yang telah dijanjikan.
  17. Seluruh perselisihan yang terkait dengan Program dan aktivitas ini akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat.
  18. Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi WhatsApp DANCOW (+62 811 1018 062).